Cooking Demo @ Graha Adira Jakarta

4:15 PM


Tuesday, 15 November 2016

Assalamua’alaikum! Hari ini aku mau cerita tentang keseruan cooking demo yang diselenggarakan SlimGourmet Healthy Catering dan KalCare dari Kalbe di Graha Adira tanggal 27 Oktober 2016 dalam Adira Disease Management Program kemarin. Duuh acaranya udah lama yaa hahah tapi aku baru sempet cerita sekarang. Ini akibat percampuran antara belum ada waktu buat nulis dan males hahahaha jangan ditiru yaa. Acara ini diselenggarain tim KalCare Kalbe untuk para karyawan Adira dalam rangka dan upaya untuk menjaga kesehatan. Sebenarnya ini bagian dari program perusahaan Adira yang peduli akan kesehatan para karyawannya. Acara ini pun diprioritaskan untuk para karyawan yang mayoritas mengalamin hipertensi.



Senang sekali lho perusahaan ini sangat memperdulikan kesehatan karyawannya. Kesehatan merupakan modal utama seorang untuk bekerja, karena sudah pasti jika karyawan mengalami sakit tentu tidak dapat bekerja apalagi secara produktif. Saat ini sepertinya belum semua perusahaan melakukan upaya preventif yang cukup optimal seperti ini, kebanyakan (menurutku) sampai saat ini perusahaan hanya sebatas memberikan plavon dana kesehatan, atau insuransi kesehatan namun tidak seintens seperti misalnya mengadakan secara rutin Healthy Talk, memberikan snack sehat disela jam bekerja dan sebagainya. Semoga kedepannya akan semakin banyak perusahaan-perusahaan yang sadar dan melakukan hal serupa seperti ini agar gizi dan kesehatan para pekerja dapat terpenuhi secara optimal dan mereka dapat bekerja lebih produktif dan berimbas yang baik juga terhadap perusahaan, and once again I felt so happy to be part in this event hihi.




Cooking demo dimulai setelah para karyawan Adira melakukan pemeriksaan kesehatan rutin yang dilakukan oleh tim medis Kalbe. Cooking demo kali ini dipandu oleh aku dan juga chef Turmanto, chef Mediterranean cuisine dari SlimGourmet Healthy Catering.
Acara berjalan lancar Alhamdulillah, meskipun ada beberapa peserta yang tidak hadir karena sedang cuti. Daan, yang paling menyenangkan adalah antusiasme para peserta yang hadir. Acara menjadi meriah dengan senda gurau dan antusiasme mereka, ditambah pada akhir acara ada doorprize yang menanti jika peserta bisa menjawab. Hohoho pasti bisa menjawab dong yaaa, semangat gitu merhatiin cooking demo dan juga penjelasan gizinya.

 
Menu yang didemokan pada waktu itu adalah Lebanese Salad dan Oatmeal Crusted Dory in Almond Date Sauce.
Buatnya ga sulit dan dibuat dari bahan-bahan yang sehat. Nahhhh, ini dia resep those babes in that cooking demo hihi yuk di check :)


 Lebanese Salad

Ingredient:
Lettuce Head
Lolorosa
Endive Curly
Red Cabbage
Kurma
Tomato Cherry
Almond Slice
Kyuri
Paprika
Parsley

Dressing:
Olive Oil
Balsamic Vinegraitte
Bawang putih (cincang halus)
Daun mint (cincang halus)
Lemon Juice
Air matang
Garam
Pepper
Kurma cincang

How To Make:

Buatnya tidak terlalu susah, sama seperti pada membuat salad pada umumnya. Semua bahan dressing dicampur dan dikocok merata menjadi satu. Setelah selesai, siram pada sayuran yang sudah dicampur.


Oatmeal Crusted Dory in Almond Date Sauce

Ingredient:
Ikan Dory
Bawang putih cincang
Pepper
Lemon Juice
Oatmeal
Olive Oil

Sauce:
Olive oil
Bawang Bombay cincang
Bawang putih cincang
Kurma
Mixed spices
Brown Vegetable Stock (stock/ kaldu yang dibuat dari sayuran dan tomat yang di blender kemudian disaring)
Garam
Pepper
Tepung Maizena
Air

How To Make:

Potong ikan dory sesuai selera
Marinate dengan bawang putih, pepper dan lemon juice kurang lebih 15 menit
Balut dory dengan oatmeal
Panggang dalam oven hingga matang, jangan lupa olesi Loyang tray dengan olive oil sebelumnya

Sauce:
Tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum lalu masukkan kurma, mixed spices dan vegetable brown stock
Tambahkan garam dan lada lalu kentalkan dengan larutan tepung maizena
Masak hingga mengental

How To Serve:
Letakkan ikan dory yang sudah dipanggang diatas piring lalu siram dengan saus kemudian sprinkle dengan slice almond.


Ga susah kan buatnya? :)

Lebanese salad berasal dari daerah Lebanon dan emang khas banget sama Mediterranean cuisine yang banyak menggunakan herb, kacang dan juga kurma dalam sajian makananya. Tipsnya jika kalian suka sekali mengonsumsi salad, pilihlah atau buat dressing dari bahan bahan yang rendah lemak. Gimana caranya? Mostly dressing Salad kan dibuat dari minyak? Yesss, ga salah. Salad dressing dibuat dari minyak, tapi jika kalian mau membuat atau memilih salad di restaurant pastikan minyak yang digunakan adalah minyak yang baik untuk kesehatan seperti contohnya olive oil, canola oil, sunflower oil. Olive oil sendiri juga paling direkomendasikan yang extra virgin olive oil. Karena extra virgin olive oil diambil dari perasan pertama olive oil.
Selain itu, jika kurang suka clear dressing, dressing thick dengan berbahan yogurt bisa jadi optional yang sehat ketimbang dressing berbahan mayonnaise. Mungkin next time aku akan post salad dengan yogurt dressing yah.




Kalo diliat kedua sajian ini memiliki ingredient kurma dan almond, seperti di post-an ku sebelumnya yang membahas gizi kurma, kurma kaya asam folat yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan asupan asam folat kita sehari-hari terutama ibu hamil dan bayi. Almond juga mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan jantung tapiiii, perlu dibatasi jika kita memilik nilai asam urat yang tinggi pada darah yaa..

Love,

Desy


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook