KANGEN MASAKAN IBU #1 !

4:09 PM

Saturday, 8 October 2016


Udah lama ga nulis blog :"). Pengennya nulis tiap hari buat update blog ini tapi yaa apalah daya kayanya badan masih adaptasi dengan kegiatan sehari-hari dan nyari cela buat spending time nulis blog (wish someday i write this blog regularly).

Sejak menikah, saya harus jadi rajin masak dari sebelumnya. Sebelumnya juga sering masak sih tapi lebih banyak malesnya hihi. Tiap hari yang jadi pertanyaan rutin sekarang "nanti masak apa yaa?" atau ga "besok masak apa ya?" , semua orang ditanyain, ga suami, temen kantor juga wkwkwk (duhhh..)
Tapi kemarin ga bingung dongg. Tetiba pikiran udah kepengen masak sayur asem, ikan kembung goreng sama sambel terasi ala ibu yang biasa dibuat dulu. Kangen masakan ibu, cuma bisa masak sendiri ngikutin gaya masakannya. Kemarin-kemarin juga kangen banget gulai tauco ibu akhirnya buat (berusaha semirip mungkin hohhhoho). 
Akhirnya, waktu pulang kantor, ngesot ke pasar (yang ga jauh dari kantor tinggal jalan kaki), beli ikan kembung. Beli ikannya juga ga banyak cuma 3 ekor aja, berhubung yang makan cuma saya dan suami. Sebelumnya beli honeydew dulu karena dari ntah kapan ngidam makan buah ini hehe, terus lanjut beli sayur asem sama tahu putih dan cabe rawit merah. 

Voila ! maafkeun piring nasinya belepotan hihi :")

Sampe di rumah, beres beres bentar, mandi, sholat langsung masak. Sayur asem nya pake bumbu racik sayur asem instant indofood ( berhubung ga ada blender dan cobek buat bikin bumbu, selain itu menurut saya bumbu racik indofood sayur asemnya juga pas dan enak, hemat waktu juga kan hihi ). 

And here are the recipes ❤

Sayur Asem

Bahan
Daun melinjo (secukupnya)
100 gram Pepaya muda
100 gram Labu siam
100 gram Kacang panjang
Melinjo secukupnya atau sesukanya
20 gram Nangka muda
1 buah asam
2 sachet Bumbu racik instan sayur asem indofood
900 cc Air 
Penyedap rasa (sedikit saja jika kurang sedap)

Cara memasak
1. Setelah dipotong dan dicuci, rebus semua bahan (kecuali bumbu racik) hingga empuk
2. Tambahkan bumbu racik
3. Masak hingga bumbu cukup meresap kedalam sayuran lalu sajikan ❤

Tahu dan Ikan Kembung goreng

1. Setelah 3 ekor ikan dibersihkan marinate ikan dengan 1 sdm garam dan perasan jeruk nipis. Diamkan sebentar lalu goreng dalam api panas
2. Marinasi tahu yang sudah dipotong dengab garam/ penyedap rasa lalu goreng ( aku prefer potongannya tipis, biar sedikit crunchy )

Sambel terasi cabai rawit merah

Bahan
20 buah cabe rawit merah
3 siung bawang merah
1 1/2 tomat merah
1 sdt terasi
Garam
Penyedap rasa

Cara memasak

1. Goreng semua bahan hingga harum dan layu
2. Angkat dan haluskan
3. Tambahkan garam dan penyedap rasa jika suka (tambahkan gula jika suka. Kadang kadang saya pake gula tapi kali ini nggak)

Beware buat yang ga kuat makan pedes atau yang punya masalah lambung yaa :)























You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook