Kalikih Santan ❤

9:43 PM

Thursday, 10 November 2016

Hello, selamat malam jum’at ! :D Tadi magrib ada yang berbuka puasa sunah? Ide takjil berbuka mungkin bisa dengan makanan yang aku share sekarang, nih buat buka puasa senin atau kamis depan


Udah lama banget ga blogging, sekarang lagi pengen nulis dan share tentang *Kalikih Santan*.
Buat orang minang a.ka padang a.ka sumbar, Kalikih Santan ini udah umum sekali terutama waktu bulan puasa karena dijadikan menu untuk berbuka puasa. Sayang ga ada yang jualan ini di negeri rantauan orang hiks padahal ini enak banget (menurutku wkwkw). Tapi gapapa, karena buatnya juga ga susah jadi bisa diolah sendiri buat dikonsumsi.

Dulu (read: sebelum nikah), kalau buka puasa ibu sering membuat Kalikih Santan karena makanan ini masuk ke daftar menu favorit si abak. Anyway apaan sih Kalikih Santan? Itu pepaya kan kok namanya jadi kalikih santan, deh?
Kalikih dalam bahasa minang berarti pepaya, dan karena dimakan dengan kuah santan manis jadi namanya Kalikih Santan. Biasanya disajiin dingin-dingin, mau pake es batu atau di masukin ke kulkas biar dingin. Kalo di padang sendiri ini biasanya dijual sama abang-abang hohoho macem di jakarta orang jualan selendang mayang gitu lah.
Karena di rumah kebetulan ada santan bubuk instan yang ukuran mini dan gatau mau dibuat apa, akhirnya minta beliin suami pepaya yang diseberang rumah hehehe. Sambil nunggu si suami pulang, di rumah aku buat kuah santannya.

Santan bubuk instan (aku pake brand Sasa) dengan isi 23 gram dilarutin dengan kurang lebih 150 ml air, tambahin sedikit garam (biar ada rasa gurih dan menyeimbangkan rasa manis dari gula), gula kira-kira tadi sekitar 4 sdm (Selera sih yang penting manis yaa buibu) dan masukin seikat simpul daun pandan biar wangi. Aduk sampai mendidih. Matiin kompornya. Buah pepaya dipotong-potong dadu. Tata di mangkuk, siram pake kuah santan (jangan lupa kasih es biar seger). Selesai. Mudah kaan dan ekonomis hihi.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook